Kamis, 22 Oktober 2015

Reflection

Assalamualaikum wr wb.

Alhamdulillah, wahai blog, you're not completely forgotten!

Karna aku akan nulis lagi. Tapi ga pengen banyak2. Gir dan perangkat di otak musti dipanasin dulu setelah sekian lama nggak nulis.

Awalnya bermula dari pengumuman dari bina antarbudaya yang menyatakan kalo aku ga lulus. Liat pengumuman jam setengah 4 pagi. Masih keleyengan baru bangun tidur. Liat kalo namaku ga terdaftar sebagai finalis. Sedih.

Dikit lagi. Banget, cuy.

Udah ngebayangin memiliki kisah indah di Amerika atau negeri sakura, liat2 foto anak2 afs/yes di insta, bikin rencana super panjang untuk setahun ke depan, hilang bak kabut yang dibuyarkan angin.

Nangislah habis itu. Ditambah gaada mama di rumah. Akhirnya ayah yang menenangkan. Di pagi hari yang masih gelap, ayah yang jarang banget menghadapi tahap emosional anak gadisnya, bilang berbagai hal. Tapi ini yang paling aku inget:



"Kalo kakak ga jadi pergi ke luar negeri, nanti kita perginya bareng-bareng aja."
Huft.. tambah banjir nangisnya. Sekarang mulai bercampur antara sedih dan terharu. Selama ini aku mikir, aku bakal bahagia dan berpetualan lewat program binabud. Di sisi lain, aku ga mikir kalo mama & ayah yang biayain aku, mama & ayah bakal kepikiran-kangen-khawatir & doain aku, mama & ayah nggak kebagian rasa seneng dan petualangan yang aku bakal rasain, hanif ga punya temen di rumah lagi.

Wah, how selfish i've been.

Sampai di titik aku ga lulus pun, ayah tetep bilang tentang pergi bareng-bareng. Yang artinya sekeluarga tanpa pengecualian. 

Setelah pergulatan batin beberapa hari, aku sadar kalo dari awal aku daftar program ini, peraturan yang aku bikin sendiri adalah: apapun hasilnya harus tetep bersyukur. Tetep alhamdulillah. Jadi, kalo ga lulus, ga susah merelakannya dan move on. Sebenernya, saat buka pengumumannya pun, aku udah punya feeling kalo aku ga lulus.

Karna doaku ga sekenceng pas di tahap tes 1, 2, & 3. Penantian selama 3 bulan setelah tes tahap 3 bikin doaku mulai longgar. Niat ikut program ini mulai terlalu bercabang, ngga karna Allah lagi.

Pas dipikir-pikir lagi, Alhamdulillah deh nggak lulus.

Ada suatu beban yang terangkat setelah 5 bulan ikut seleksi ini. Yang sebelumnya, makin lama bebannya makin berat. Pas tau ga lulus, langsung hilang bak kabut. (memakai kiasan yang sama agar irit)

Ayah juga bilang kalo mau ke luar negeri, sekolah di sana, kesempatannya masih luas. SMA tinggal 2 tahun lagi insyaaAllah selesai. Habis itu aku bebas milih mau menentukan apa-siapa-bagaimana aku kelak bersama dengan keinginan-keinginan yang lainnya. Aku masih bisa berburu beasiswa kalo masih pengen sekolah di luar negeri.

Hah, rasanya lumayan lega saat tau kalo aku bukan bener-bener a loser

Dari perasaan tersebut, muncullah pemikiran yang membuat aku berkaca ulang terhadap diri sendiri. Aku gagal di program ini bukan karna ga pinter, ga bertalenta, ga bermental baja. Karna tes secara akademik dan personality udah aku lewati di tahap 1,2,3. Tepat di tahap nasional ada batu yang bikin aku kesandung. Tahap nasional ini adalah tahap di mana segala usaha tak bernilai kecuali doa. Karena kita ga disuruh dateng ke suatu tempat dan dites ini-itu, melainkan berkas yang udah kita submitted di awal daftar dan penilaian dari tahap sebelumnya yang dinilai. Peserta cukup doa dan duduk manis di rumah dan nunggu. Selama 3 bulan digantung. 

Ternyata masa penungguan itu penuh godaan.

Aku ga doa sesungguh dan seikhlas sebelum-sebelumnya. Karna tahap 3 udah kelar, di pikiranku paling aku bisa lulus. Astagfirullah. Parah. Sombong sedunia fantasi.

Sekarang, aku mulai menyusun dan menata ulang hati serta mimpi/cita-cita. Terus kalo aku emang pengen sesuatu, aku harus berdoa yang sungguh-sungguh. Karna serius deh, bagi Allah mah ngasih yang kamu pengenin itu cepil gancil secuil. Tinggal kita mau minta dengan bener atau nggak. Ga akan ngaruh bagi Allah apakah kita berdoa atau nggak. Tapi doa berpengaruh besar pada kita.

Aku mikir juga, Allah udah aku ngasih banyak kenikmatan, pasti Allah sayang banget sama aku. (gede rasa) Allah mau aja ngasih apa yang aku pengen. Asal aku minta. Selama ini banyak waktu yang lewat secara ga sadar karena lalai dan berleha-leha. Aku mikir pasti Allah lagi nungguin aku minta sesuatu lagi, agar bisa Dia wujudkan lagi. Biar aku tambah seneng dan bersyukur.

Selama ini, setiap aku mau doa atau solat sunah, kalo waktunya udah kelewat dan rasanya ga afdol, rasanya males banget buat ngelakuinnya. Tapi setelah diberi buah pemikiran di atas, tersadarlah aku kalo Allah yang nunggu aku.

Allah nunggu aku berterima kasih dan minta lagi dalam bentuk doa, apapun. Hebatnya lagi, gaada kata telat bagi-Nya. Kita selalu setia ditungguin sama Yang Maha Menciptakan kita.

Mulai saat semua pemikiran dan perasaan telah nyambung antara satu dengan yang lain, aku selalu kepikiran kalo Allah lagi nunggu aku. Pas sadar kayak gitu, aku sempetin untuk inget Allah juga. Kadang dalam bentuk ngucap alhamdulillah singkat, sampai doa panjang-lebar kayak proposal. It won't bother Him per se.

Yak, udah dulu ceritanya curhatnya. Semoga bermanfaat bagiku dan bagimu.

Wassalamualaikum wr wb.

2 komentar:

  1. !!!RAF AKHIRNYA ADA MANUSIA YANG APDET BLOG. Sampe di semi-final (?) nasional udah keren tau w aja tingkat sekolah kaga nyampe /curhatanmasalalu/ /bukanafs/ Balas dendam aja nanti, waktu kuliah ikut pertukaran. Atau sekalian kuliahnya di luar. Atau sekalian diundang sebagai tamu kehormatan ke luar sambil bawa sanak saudara (?) Semangat rafifa!! (9'-')9

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAI ANYONGSEYOO! tau deh pasti arin bakal baca dan komen karna cuma arin satu-satunya yg masih aktif di dunia per-blog-an ini. AAMIIN Ya Allah dengarkanlah doa arin. Semoga aku bisa balas dendam di jalan-Mu (?) untuk bisa berkelana dan belajar di luar negri. TEriMa KASIH POCI ATAS DUKUNGANNYA^^ AKU MERASA LEBIH BAIK. KAMSAKAMNIDA. SEMOGA APA YANG AYIND CITA2KAN JG TERCAPAI YA

      Hapus