Selasa, 26 September 2017

Perpusnya FISIP UI

Assalamualaikum guys!

Hei hei hei
Tau ga??
(Ngga)
Ini post pertamaku di blog sejak resmi jadi mahasiswi! Yuhuuuu:)))))
Biarkan aku senang sejenak dalam pembukaan post ini yea.

Oke.
Jadi ya, para pembaca kalo emang ada yang baca, hari ini aku ke perpusnya FISIP yang bernama MBRC (Miriam Budiarjo Resource Center). ((Btw Miriam Budiarjo kan yang nulis buku pengantar ilmu politik. Bener2 baru sadar akan coincidence ini beberapa detik yang lalu.))  

Sumber


Awalnya aku bingung kalo disebut MBRC, apaan lagi. Ya segala gedung di sini punya nama yang sangat berbeda2 dan bentuknya singkatan. Contoh lain, ada gekom. Yang ternyata akronim dari gedung komunikasi. Sebenernya mudah ditebak ya. Tapi kalo otaknya ga nyampe seperti daku apalah daya kan. Terus ada juga gedung PPAA yang sampe saat ini blm tau apa kepanjangannya. Belum lagi ada tempat2 di FISIP yang punya nama tidak familiar kalo kamu adalah orang asing, seperti takor, takoru, polay, teko, dll.

Ada profil Ibu Miriam cui

Itulah tempat buku-buku bersarang

Di lantai 1 ada bagian yg bisa buat selonjoran main laptop asyique. Btw tv nya ga pernah dinyalain bcs kalo nyala melanggar aturan perpus dong.

Balik lagi ke MBRC. Ternyata di sana....sangat minim novel apalagi manga OMG huhu. Padahal motivasiku ke sana buat itu. Jadi pada akhirnya, aku nyari "novel" di search engine koleksi buku. (dan selesai nyari langsung diapus dan diganti "communication" untuk menghilangkan jejak. wkwk.) Pas ditelusuri ke tempat novel berada, cuma ada sekitar 10 biji doang dari ratusan buku di lantai itu. Novel yang aku inget ada adventure of huckleberry finn, buku2 Nh. Dini, bukunya ernest hemmingway, dll. Kek berat2 gitu ya muatannya. Aku memutuskan untuk baca kumpulan cerpen pilihan Kompas 2001 dan itu in english lagi. Menghamparlah daku di lantai perpus (krn yg meja udh penuh ama orang.)


Tujuan utamaku ke situ, padahal kelas apresiasi film masih 3 jam lagi, adalah for killing time. Biar ga berasa kupu2 (re: kuliah, pulang, repeat) amatlah. Pas baca2, surprisingly grammarnya banyak yg salah. (UUUWWW begaya tau yang benar.) Entah karna sengaja biar menunjukkan ceritanya menggunakan bahasa sehari2 yang ga baku atau memang salah aja.

Kalo dipikir2, tahun 2001 aku masih umur 2 tahun. Belum ngerti one two three apalagi bahasa inggris. Tp lucu aja. Fate (ea) membuatku baca buku itu di umur segini dan di tempat yang perlu pake perjuangan buat bisa masuknya. Masuk UI maksudnya bukan MBRC. Masuk MBRC ga dicek apa2 apalagi dipungut biaya kok. Ngga. Masuk UI juga ga bayar sih. Lewat gerbatama aja, paling bawa mobil barulah bayar parkir.

Menjadi bagian dari civitas academica deng yang perlu perjuangan.

sumber

Ada 2 cerpen yang sempet aku baca sebelum balik ke kosan. Judulnya lupa apa aja. Tapi yang pertama tentang seorang bapak penderita katarak dan tinggal di kampung yang sedang mengunjungi jakarta untuk menjenguk anak bungsunya yang sudah berkeluarga. Si bapak ini betulan orang desa banget dan miskin karna dia salah masuk ke semacam motel yg biasanya untuk pijat+ (tp gaada adegan apapun yg mesti disensor kok.) Si bapak pure salah karena ga ngerti terus keluar dan diminta uang. Digambarkan kalo bapaknya berat banget ngeluarin uang 40k, ditambah lagi si mbak yang jaga minta tip 20k. Lah kalo kita dikasih uang 100k sama orang tua aja selalu mencari cara dengan tipu muslihat bagai ular yang berdesis buat ditambahin. Tapi endingnya itu (JGN LANJUT KALO TDK INGIN SPOILER, tp biasa aja sih soalnya cm cerpen) diceritain dr sudut pandang anak cewenya kalo si bapak dikasih tau tetangga ga pernah balik lagi ke kampung. Si cewe baru sadar kalo dia emang ga pernah ngasih tau dirinya udah pindah ke tanahabang. Intinya si bapak tersesat dan gapunya duit:( syedih ya.

Cerpen satu lagi juga mirip2, topiknya seputar kemiskinan dan kebingungan. Yang menarik adalah cerita ini latar dan segala macemnya Indonesia banget tapi bahasanya dalam bahasa inggris. Jd unik dan bacanya ada sensasi tersendiri. Jarang banget deh baca novel inggris trs nyebut "Prophet Muhammad" atau "God the most hearing, I plea to you". Yaa ada unsur-unsur agama gitu tanpa ditujukan sebagai sarcasm. Lalu untuk cerpen profesional, ini termasuk "bersih" karena biasanya suka diselipin adegan apalah itu biar berkesan "Ey, ini kan buku profesional, adegan dewasa adalah syarat wajibnya!" that kinda thing. Tapiii, kedua cerpen yang kubaca agak berasa hambar sih. Premisnya memang kurang jelas karena ini cerpen, ternyata endingnya juga terburu-buru. Rasanya semua jadi ga jelas dan abu2. Begitu aja sih. Yang cerpen lainnya soon to be read deh insyaaAllah. Tapi males deng. Aku pengen baca manga aja hhehhehe.

Sekian dulu karna aku udah ngantuk tapi besok masuk jam 2 siank sih
Wassalamualaikum guis!
Salam bantal-guling.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar